Terima kasih telah mengunjungi Blog Pramuka MAN Ngraho....!
header image

Minggu, 03 Januari 2010

SAKA WANABAKTI

2

Pramuka dari Satuan Kerja (Saka) Wanabakti adalah salah satu Saka (Satuan Kerja) dalam Gerakan Pramuka Indonesia yang memberikan stok pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang kehutanan, lingkungan, dan menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam mengelola sumber daya alam. Ruang lingkup materi mencakup pengelolaan hutan, hutan pemeliharaan sebuah
nd sumber daya alam, pelestarian hutan dan lingkungan, dan pemanfaatan hasil hutan bagi masyarakat. Tentu saja, tanpa meninggalkan materi kepramukaan lainnya.

Unit ini bekerja dengan Pramuka atau yang biasa disingkat saka adalah sebuah terobosan yang dibuat oleh Gerakan Pramuka dalam memberikan wadah bagi para anggotanya, terutama Penegakan dan Pandega (usia 16-25 tahun) untuk mengeksplorasi bidang kejuruan berbeda. Selain Saka Wanabakti juga masih terdapat beberapa orang lain seperti Saka saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Bahari, Saka Wira Kartika, Saka Taruna Bumi, Saka Bhakti Husada dan Saka Kencana (Keluarga Berencana).

Saka cinta yang bergerak dalam bidang kehutanan dan lingkungan didirikan atas dasar keputusan bersama antara Departemen Kehutanan Republik Indonesia dan pramuka nasional yang ditandatangani pada 27 Oktober 1983 du Jakarta.

Pengorganisasian Saka Wanabhakti dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka bekerjasama dengan Departemen Kehutanan, Perum Perhutani atau dengan LSM lingkungan. Latihan dan aktivitas dipertahankan pada tingkat Saka Wanabakti Kwartir Cabang (Kabupaten) atau Kwartir Cabang (Kabupaten).

Saka Wanabakti memiliki lambang berbentuk segi lima di atasnya ada simbol dari Departemen Kehutanan dan simbol Gerakan Pramuka. Simbol ini tidak hanya digunakan sebagai bendera juga dipakai sebagai lencana dipasang pada lengan kiri. Simbol ini memiliki arti kiasan sebagai berikut:

* Hijau melambangkan pohon-pohon hutan yang subur yang memiliki banyak fungsi dalam konservasi sumber daya alam dan lingkungan.
* Pohon Hitam melambangkan hutan yang produktif yang berfungsi sebagai sarana penunjang pembangunan nasional.
* Blue garis melengkung merupakan fungsi hutan sebagai pengatur sistem air.
* Brown warna dasar melambangkan berkat tanah yang subur dengan upaya konservasi tanah.
* Tembak kelapa kuning melambangkan kemuliaan pemuda yang tergabung dalam Saka Wanabakti Dukungan kuat hutan dan pembangunan kehutanan dan konservasi sumber daya alam dan lingkungan.
* Pentagon melambangkan falsafah Pancasila yang merupakan bangsa yang merupakan prinsip tunggal untuk Saka Wanabhakti.
* Keseluruhan lambang Saka Wanabakti Pramuka Wanabakti mencerminkan anggota Angkatan Kerja yang aktif membantu pengembangan bisnis dan pelestarian hutan dan kehutanan, sumber daya alam dan lingkungan dalam rangka mencapai masyarakat adil dan makmur Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Saka Wanabhakti anggota:

* Pramuka Pelatih sebagai Pamong Saka (Pendidik) dan Instruktur.
* Pramuka Penegak (usia 16-20 tahun) sebagai pelajar
* Pramuka Pandega (usia 21-25 tahun) sebagai pelajar
* Raiser Pramuka (usia 11-15) juga dapat mengikuti kegiatan saka Wanabakti sebagai penggemar.

Dalam Saka Wanabhakti setiap anggota selain materi yang diberikan dalam kepanduan sebagai kegiatan kepramukaan biasa juga diberikan penekanan pada beberapa materi yang berhubungan dengan kehutanan, sumber daya alam dan lingkungan hidup. materi Khusus di Saka Wanabhakti di kelompokkan menjadi 4 (empat) Krida, yaitu:

1. Krida Tata Wana perisalah hutan tutupan hutan pengukuran dan pemetaan, dan penginderaan jauh.
2. Krida Reksa Wana meliputi keanekaragaman hayati, kawasan konservasi, perlindungan hutan, konservasi jenis satwa liar, konservasi jenis tumbuhan, kepramukaan, pencarian gua, memanjat, kebakaran hutan dan lahan kontrol, pengamatan satwa liar, penangkaran satwa liar, berburu kontrol, dan budidaya tanaman.
3. Krida Bina Wana yang meliputi konservasi tanah dan air, benih, pembibitan, penanaman dan pemeliharaan, peternakan lebah, budidaya jamur, dan sutera alam.
4. Krida Untuk Wana yang meliputi: pengenalan jenis pohon; pencacahan pohon, pengukuran kayu, kerajinan kayu hutan, pengolahan hasil hutan, dan minyak pemurnian.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

2 komentar:

Nice article, hope may others Indonesian Scout have ability in English writing and other languages. So our Scout movement will be famous by other country.

ya..... sebenarnya maksud saya biar tidak sengaja dilihat orang asing,,, kan kalimatnya pake bahasa inggis.... hahahaha

Posting Komentar

kunjungi juga blog resmi madrasah aliyah negeri ngraho..!!
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic